Rabu, 21 November 2012

Tips Memilih Ide Bisnis

  Ide bisnis merupakan hal termahal dalam memuloai bisnis yang sedang anda rencanakan,,,
dengan ide anda dapat membuat produk yang akan jual..tentunya ide merupakan kunci tombak keberhasilan anda.kenapa bisa dikatan begitu..
Bagi Anda orang-orang yang tidak begitu berbakat dalam menemukan ide-ide bisnis, bisa mencoba beberapa tips berikut ini dalam memilih, mencari dan menetapkan sebuah ide bisnis yang lahir:

1. Pengalaman
Tahukah Anda, ide-ide besar yang dilahirkan oleh para pebisnis sukses terkadanf dimulai dari sebuah pengalaman empirik yang menggugah dirinya untuk melahirkan sebuah usaha bisnis tertentu.
Pengalaman diri merupakan modal terbesar Anda untuk melahirkan banyak ide-ide bisnis yang cemerlang. Sebagai contoh pengalaman seorang penulis yang merasa kecewa dengan royaltinya yang diterima dari penerbit akan memunculkan ide kreatif untuk membangun bisnis penerbitan pribadi yang lebih berkualitas.

2.survei produk yang dibutuhkan masyrakat
Ide bisnis juga bisa lahir setelah Anda melakukan pengamatan langsung atau riset market terhadap apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di sekitar Anda yang belum terpenuhi dengan baik. Kebutuhan merupakan peluang yang bisa Anda ambil, terlebih jika belum ada pihak yang berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Atau Anda juga bisa memilih kebutuhan sebagai peluang membuat sebuah bisnis dengan cara menyajikan konsep yang berbeda dari apa yang sudah disajikan oleh orang lain.

3. Bagaimana jika miskin ide?
Ide bisnis yang baik memang tidak semua orang bisa menemukannya. Ada orang yang memiliki banyak dana untuk membangun sebuah bisnis usaha namun tidak yakin atau tidak berani menetapkan sebuah ide bisnis dari diri sendiri.
Jika Anda berada pada posisi ini, untuk kondisi yang lebih aman, Anda bisa mencoba berbagai bentuk bisnis franchise atau tiruan dari pihak-pihak atau perusahaan besar yang Anda minati dan terbukti sukses dalam mengembangkan sebuah usaha bisnis. Bisnis franchise memberi peluang bagi mereka yang belum berpengalaman menjadi lebih berpeluang untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang pengusaha sukses.
Orang-orang kreatif biasanya memiliki banyak konsep ide bisnis yang menjual. Jika Anda memiliki banyak ide bisnis yang unik, segera lah tuangkan dalam bentuk proposal bisnis, lalu selanjutnya buatlah business plan yang menarik. Naskah proposal yang sudah jadi tersebut bisa Anda ikutkan pada berbagai even kompetisi ide bisnis yang biasanya menawarkan hadiah yang cukup besar. Hasilnya akan cukup lumayan untuk Anda gunakan merintis usaha bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar