Strategi Marketing (Marketing Strategy) yang baik dan cerdas tidak hanya berdasarkan teori ilmu marketing (penjualan) murni.
Cara pemasaran atau strategi marketing bagi setiap perusahaan dan
individu marketer relatif berbeda satu sama lainnya. Jenis barang yang
dijual juga ikut menentukan strategi marketing yang dirancang untuk
menaklukkan pasar, merebut hati konsumen, eksekuasi penjualan yang tepat
dan menguasai pangsa pasar yang luas.
Banyak iklan yang hasilnya jauh dari harapan, bahkan dapat dikatakan
hanya merupakan pemborosan uang. Lihatlah disekililing anda, maka anda
akan mendapatkan banyak iklan dimana-mana. Tetapi berapa banyak yang
akan membuat anda tertarik dan memperhatikannya ? Tidak banyak bukan ?
Mengapa ? Karena iklan-iklan tersebut hanya kelihatan bagus. Iklan-iklan
tersebut TIDAK :
Menarik perhatian target marketnya
Memberikan informasi yang cukup agar mempermudah pengambilan keputusan
Meminimalisir resiko dalam mengambil langkah selanjutnya dalam sebuah proses penjualan.
Inilah 9 TIPS CERDAS Strategi Merketing yang perlu anda perhatikan
1. RAIH PERHATIAN MEREKA
Raihlah perhatian mereka dengan membuat leaflet headline yang powerful,
yang akan melibatkan emosi target market anda. Tergantung dari produk
atau jasa anda, dan juga target market anda, maka headline anda harus
menjanjikan satu dari dua hal : Janjikan untuk menyelesaikan problem
mereka, atau janjikan untuk membawa mereka pada kesenangan/pleasure.
Berpikirlah tentang target market anda, apa yang ada di benak mereka ?
Apakah mereka akan lebih condong untuk bertindak agar mereka mendapatkan
kesenangan ? Atau agar masalah yang mereka sedang hadapi dapat hilang ?
2. GUNCANG KEYAKINAN MEREKA TENTANG APA YANG MEREKA LAKUKAN SEKARANG !
Ok, anda telah meraih perhatian mereka. Untuk menjaga agar mereka tetap
memberikan perhatian penuh pada strategi marketing tools anda, mereka
perlu untuk bertanya-tanya :
Apakah mereka telah mendapatkan jasa dan produk terbaik untuk uang yang telah mereka keluarkan selama ini ?
Apakah mereka telah bertindak cukup ?
Apakah mereka telah melakukan yang terbaik yang mereka bisa ?
3. BANGUNLAH KEYAKINAN MEREKA TERHADAP ANDA
Setelah anda mengguncangkan keyakinan mereka terhadap apa yang mereka
lakukan sekarang, anda perlu menumbuhkan keyakinan mereka terhadap anda.
Anda harus membuktikan bahwa anda punya solusi terhadap masalah mereka.
Anda harus meyakinkan bahwa anda memang cakap di bidang anda, dan mempunyai kualifikasi untuk memecahkan masalah mereka.
Perlihatkan bahwa produk anda dapat mereka andalkan untuk memberikan apa yang anda janjikan.
Buktikan bahwa produk anda dapat memenuhi janji anda. Mulailah dengan menjelaskan :
Bagaimana produk anda berbeda dengan kompetitor.
Apa saja kredensial anda.
Apakah anda punya dokumentasi tentang hasil test
Apakah anda punya persentasi pelanggan puas yang tinggi ?
Apakah anda punya pengakuan professional dari rekan-rekan anda di bidang yang anda tekuni ?
4. BUATLAH MEREKA KAGUM KARENA PELAYANAN ANDA
Anda mungkin yang terbaik di bidang anda, atau mempunyai produk
unggulan. Tetapi bila pelanggan anda tidak dapat menghubungi anda bila
mereka memerlukan, apakah anda masih mempunyai value yang tinggi?
Berikut ini adalah beberapa contoh yang baik untuk anda tawarkan :
Hotline 24 jam —- untuk menjawab pertanyaan yang umum.
Apakah anda melayani penggilan ? (terutama bila hal itu tidak umum di industri anda )
Apakah anda melayani pelayanan individual (one to one service) ?
Jam pelayanan anda apakah nyaman bagi pelanggan ?
Apakah anda memberikan jasa jemput & antar ?
Intinya, memberikan pelayanan yang lebih daripada yang umum dilakukan,
akan memberikan keuntungan yang besar bagi anda pada akhirnya.
5. HADAPI DAN ATASI PENOLAKKAN MEREKA
Di dalam bisnis apapun anda, selalu akan ada penolakkan untuk membeli
yang anda jual. Penolakkan yang paling umum biasanya mengenai harga.
Anda harus menghadapinya dengan menjelaskan mengapa wajar bagi mereka
untuk membayar harga yang anda minta. Anda harus membuat mereka nyaman,
termasuk dalam masalah harga, sebelum mereka siap membeli dari anda.
6. KURANGI RESIKO PEMBELIAN DENGAN GARANSI
Kebanyakan orang mengasosiasikan jenis dan lama garansi dengan kualitas
produk. Hal ini dapat menghasilkan atau menggagalkan penjualan. Semakin
lama garansi anda, semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan.
Garansi juga menunjukkan bahwa anda adalah pebisnis yang jujur.
7. GUNAKAN TESTIMONIAL ATAS PRODUK ANDA
Apa yang orang lain katakan tentang anda, mempunyai nilai yang jauh
lebih tinggi daripada apa yang anda katakan tentang anda sendiri.
Pastikan testimonial obyektif tersebut berkaitan dengan masalah yang
pelanggan anda hadapi dan bagaimana mereka meraih benefit dari produk
atau jasa anda. Semakin banyak testimonial yang anda dapat, semakin
baik.
8. BUAT MEREKA MUDAH MENGHUBUNGI ANDA
Usahakan prospek untuk menghubungi anda, dan buatlah hal itu mudah dan
aman untuk dilakukan. Salah satu cara adalah dengan menawarkan
konsultasi atau demonstrasi gratis. Tawaran ini akan memancing rasa
keingintahuan prospek anda, sekaligus mengurangi resiko bagi mereka.
9. BONUS WIN-WIN
Tawarkan special bonus atau diskon bagi mereka yang membeli saat itu
juga! Pelanggan anda akan memperoleh keuntungan dengan mendapat value
yang biasanya tidak mereka dapat, sedangkan anda mendapat keuntungan
dengan menghasilkan penjualan. Anda harus fokus mengenai value yang
mereka dapat untuk uang yang mereka keluarkan. Jika mereka mendapatkan
value yang lebih besar dari harga yang harus dibayar, maka anda telah
memperbesar kemungkinan terjadinya penjualan.
Seperti yang anda lihat, mendesain sebuah material marketing yang
efektif membutuhkan persiapan yang memadai. Jika anda memperhatikan
kesembilan poin di atas, maka anda akan mendapatkan respons yang lebih
baik dan secara otomatis akan meningkatkan penjualan anda. Seberapa
tinggi respons yang anda dapat, tergantung dari seberapa baik anda
mengaplikasikan kesembilan poin di atas di dalam pesan marketing anda.
Hal lain yang penting diperhatikan, anda harus melakukan kualifikasi
terhadap prospek sebelum mengeluarkan biaya marketing untuk mereka.
Pernahkah anda menerima sebuah brosur yang mahal tentang produk yang
tidak anda butuhkan ? Seberapa baguspun brosur atau material marketing
yang anda terima, anda tetap tidak akan membeli dari perusahaan itu.
Pertanyaannya : Mengapa mereka tidak tahu hal itu ? Jawabannya sederhana
: Mereka tidak menyediakan waktu untuk melakukan kualifikasi terhadap
prospek mereka !
Popular Posts
-
Ketahanan pribadi adalah tumpuan dasar atau pondasi ketahanan keluarga, lingkungan, dan daerah yang menopang ketahanan nasional. Keta...
-
Tahu akan html code pasti dah jika kalian punya blog seperti di blogspot tidak akan asing lagi dgn yang nama'y html code. Nah ternyat...
-
Nokia adalah nama sebuah merek ponsel ternama, yang telah lama berkecimpung dalam jajaran ranah ponsel terbaik dunia. Namanya kian santer ...
Recent Posts
Categories
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar