Selasa, 20 November 2012

Memilih sebuah Produk atau Jasa untuk Dijual

  Sebelum memulai usaha anda harus mempuyai produk yang akan anda jual..
apa produk yang akan anda jual.menyambung artikel diatas seharusnya anda sudah punya gambaran tentang produk yang akan anda jual.
Agar dapat berhasil sebagai seorang wirausaha, Anda harus mengembangkan kemampuan memilih
dan menawarkan barang atau jasa yang tepat kepada para pelanggan Anda di pasar yang kompetitif.
Kemampuan dan keterampilan Anda yang bagus untuk memilih dan menentukan pilihan barang
atau jasa tersebut akan menentukan kesuksesan atau kegagalan Anda dalam berbisnis.
Delapan puluh persen barang dan jasa yang dikonsumsi pada saat ini pasti berbeda dari barang dan
jasa yang dikonsumsi lima tahun lalu. Dan lima tahun yang akan datang, delapan puluh persen
produk yang digunakan akan merupakan produk baru dan pasti berbeda dari produk-produk yang
digunakan sekarang.
Ada ribuan barang dan jasa yang tersedia bagi para pelanggan pada saat ini. Dan ada kesempatan
yang tidak terbatas bagi Anda untuk memasuki pasar dan bersaing secara efektif dengan barang
atau jasa yang baru yang mungkin lebih baik dalam beberapa hal yang ditawarkan para pesaing.
Ingat, keterampilan Anda dalam memilih barang atau jasa merupakan hal yang kritis bagi kesuksesan
Anda.
Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan sebelum memutuskan apa yang harus dijual
adalah berpikirlah. Semakin banyak Anda berpikir tentang sebuah barang atau jasa sebelum Anda
membawanya ke pasar, keputusan yang akan Anda ambil semakin baik.
Jadi, bagaimana Anda mulai? Untuk membuat sebuah produk itu sukses, Anda harus berkomitmen
terhadap diri Anda sendiri dan terhadap kesuksesan barang tersebut di pasar. Anda bisa memulainya
dengan sebuah analisis diri Anda sendiri sebagai berikut:
1. Jenis produk seperti apakah yang Anda sukai, Anda nikmati, Anda konsumsi, dan Anda dapat
memperoleh manfaatnya?
2. Apakah Anda menyukai barang atau jasa yang akan Anda jual?
3. Apakah Anda bersemangat jika Anda menjual barang atau jasa tersebut?
4. Apakah Anda sendiri akan membeli dan menggunakannya?
5. Apakah Anda akan menjualnya ke ibu Anda, sahabat Anda, tetangga di sebelah rumah?
6. Apakah Anda dapat bertahan untuk menjual barang atau jasa tersebut paling tidak selama
lima sampai 10 tahun ke depan?
7. Apakah barang atau jasa tersebut adalah barang atau jasa yang sangat Anda inginkan untuk
Anda bawa ke pasar?
Kemudian, analisislah produk atau jasa tersebut dari sudut pandang pelanggan:
1. Manfaat apa yang akan diperoleh oleh pelanggan? Apa yang dihindari oleh pelanggan berkaitan
dengan produk tersebut? Atau apa yang harus tetap dipertahankan pada produk tersebut
agar pelanggan tetap menyukainya?
2. Bagaimana produk tersebut mengubah gaya hidup pelanggan Anda ? Atau bagaimana produk
tersebut mempengaruhi pekerjaan pelanggan Anda?
3. Jenis pelanggan seperti apa yang akan Anda tuju untuk menjual produk tersebut?
4. Apakah secara pribadi Anda menyukai pelanggan yang akan membeli barang atau jasa yang
Anda jual?

Bayangkan bahwa Anda telah mempekerjakan seorang konsultan manajemen untuk memperoleh
saran mengenai cara memperkenalkan produk atau jasa baru ini. Mereka akan langsung masuk ke
pokok permasalahannya dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sangat obyektif dan sangat
mendasar tentang produk tersebut kepada Anda:
1. Apakah benar-benar ada permintaan atas produk tersebut dengan harga yang Anda kenakan?
2. Apakah terdapat permintaan yang cukup besar agar Anda dapat menghasilkan laba atau
untung?
3. Apakah permintaannya cukup terkonsentrasi pada daerah tertentu sehingga Anda dapat
beriklan, menjual, dan mengantarkan produk tersebut dengan harga yang masuk akal?
Gali lebih dalam lagi tentang potensi barang atau jasa yang akan Anda jual dengan menentukan
jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan kritis berikut ini:
1. Sebenarnya, apa yang akan Anda dijual? Deskripsikan produk tersebut lebih jelas lagi, manfaat
apa yang akan diperoleh oleh pelanggan dengan membeli produk atau jasa tersebut.
2. Kepada siapa produk tersebut akan dijual? Deskripsikan pelanggan ideal Anda.
3. Berapa harga yang pantas yang akan Anda kenakan agar produk tersebut menghasilkan laba?
4. Siapa yang akan menjual produk tersebut?
5. Bagaimana produk tersebut akan dijual?
6. Metode penjualan, atau proses promosi apa yang akan Anda gunakan?
7. Bagaimana barang atau jasa tersebut dibuat atau diproduksi?
8. Bagaimana produk tersebut akan dibayar dan oleh siapa?
9. Bagaimana barang atau jasa tersebut akan disampaikan kepada pelanggan?
10. Bagaimana layanan purna jual, perbaikan, garansi atau penggantian produk tersebut?
Dan Anda belum selesai. Masih ada sejumlah pertanyaan tambahan yang perlu Anda ajukan sebelum
Anda membuat keputusan akhir tentang penawaran barang atau jasa baru.
1. Apakah benar-benar ada kebutuhan atas barang atau jasa dalam pasar sekarang ini?
2. Apakah barang atau jasa baru Anda lebih baik dari produk lain yang tersedia pada saat ini?
3. Apa cara yang membuat produk Anda lebih unggul dari produk pesaing-pesaing Anda?
4. Apakah produk Anda lebih rendah harganya atau lebih bagus kualitasnya dari hal-hal lain yang
tersedia?
5. Apakah menurut Anda, Anda dapat menjadi pemasok nomor satu dalam pasar untuk barang
atau jasa ini?
Agar sebuah barang atau jasa sukses di pasar, produk ini harus menjadi produk yang tepat, dijual
pada saat yang tepat, kepada pelanggan yang tepat, di pasar yang tepat pula. Produk ini harus
diproduksi dan dijual oleh perusahaan yang tepat, dan orang yang tepat. Yang harus Anda putuskan
adalah: Apakah produk ini tepat untuk Anda?

0 komentar:

Posting Komentar